Selasa, 09 Januari 2018

Bapak ❤

Gue masih ga nyangka bakal kehilangan Bapak buat selamanya. Awalnya gue sempet ragu bakal nulis tentang Bapak apa enggak. Tapi gatau kenapa, malam ini rasanya pengen curhat aja. Harusnya postingan ini jadi tulisan yang menyentuh buat mengenang Bapak, tapi gue anaknya ga bisa merangkai kata yang indah 😢

Jujur sebenernya hubungan gue sama Bapak ga deket sama sekali. Kita ngomong cuma seperlunya aja. Ada aja yang selalu bikin Bapak marah. Ada aja yang selalu bikin kita bukannya deket, malah jadi kaya orang asing. Bapak berangkat kerja dari jam 8  sampe jam 1 siang. Waktu yang singkat itu, waktu yang bikin gue bahagia. Itu artinya, gue bisa nonton drama, dengerin musik kenceng, bisa males2an tanpa ada yang ngomel2. Untungnya Bapak jarang banget dirumah. Dan Bapak kalo udah pulang kerja, pasti cuman makan sama tidur siang bentaran, abis itu Bapak pergi gatau kemana. Ada dirumah dari jam 5 sampe maghrib aja. Abis itu sampe jam 11 malem Bapak ga ada dirumah. Bapak pulang pas kita semua udah pada tidur. Makanya kalo jam 7 malem Bapak masih dirumah tuh, gue ama Mama udah stres banget rasanya hehehe.

Bapak.. orang yang jarang banget ada dalam doa gue. Gue selalu yakin, Bapak akan selalu sehat. Bapak ga akan susah hidupnya. Bagi kita, Bapak itu sosok yang kuat, otoriter dan sedikit menakutkan. Bahkan gue yakin, Bapak akan terus seperti itu sampe kita semakin tua nanti.  
Tapi.. seiring berjalannya waktu, Bapak sedikit demi sedikit terlihat semakin lemah. Bapak jadi sering sakit. Intensitas gue ngobrol ama Bapak semakin banyak. Apalagi setelah ngajarin Bapak main laptop sama WA. Sejak itu, obrolan kita jadi beragam, ga melulu soal kerjaan.

Lebaran tahun lalu, Bapak jadi semakin kurus dan harus cek kesehatan sampe berkali-kali. Ada satu yang berubah, sejak saat itu Bapak ada dalam doa gue. Bapak semakin hari semakin ga sehat, sampe harus keluar masuk RS. Dari bulan Juli sampe September, itu waktu yang melelahkan buat keluarga gue. Kita harus ngurus Bapak yang sakit, yang rewelnya minta ampun. Ngelakuin ini salah, disiapin makanan ini salah. Capek emang, tapi gatau kenapa, gue malah nganggep itu seru. Gue jadi ngrasain nonton ending drama School 2017 dilantai dingin RS. Download drama pake wifi kamar RS. Nginep RS berkali-kali. Meskipun begitu, gue ga pernah mikir Bapak bakal sakit lama. Gue selalu yakin, abis ini Bapak bisa kerja kaya biasa lagi sampe bulan Februari besok Bapak pensiun. Gue juga udah ngebayangin dirumah seharian sama Bapak, dan Bapak akan selalu jadi Bapak yang otoriter dan berkuasa.

Tapi, kembali lagi... Allah yang mengatur segalanya. Bapakku yang super galak, yang dalam sehari ga pernah absen ngomelin kita. Bapak yang selalu tahu kesalahan kecil kita. Suka heran misal pintu rumah udah gue kunci tiap keluar, eh giliran Bapak ngecek kok pintunya jadi belom kekunci hahaha. Belom lagi, udah naro kunci mobil apa motor ditempat biasanya, giliran Bapak nyariin gatau kenapa tuh kunci ilang kemana. Jadinya ada aja hal sepele yang bikin Bapak ngomelin kita 😄

Bapakku yang super galak.. biarpun Bapak selalu ngomel, nyakitin hati kita, ga pernah sedikitpun gue ngebayangin Bapak ninggalin kita buat selamanya. Gue ga pernah benci sama apa yang udah Bapak lakuin ke Ayu. Bahkan terakhir kali, pas Bapak minta Ayu nyabutin uban di alis Bapak, Ayu ga mikir sedikitpun itu perintah yang terakhir kalinya. Ayu pikir Bapak akan selalu kuat 😢

Kita semua kangen Bapak. Dan gatau kenapa, gue kangen banget sama omelan Bapak. Sekarang gue harus ngurus usaha Bapak, harus bisa mandiri, ga boleh sampe teledor sama males lagi.  Kita semua masih jadi orang yang rapuh. Kita semua masih ngerasin kesedihan yang mendalam. Bahkan Ayu sesedih ketika ditinggalin Nenek. Entah udah berapa airmata yang keluar dari kita untuk Bapak. Doa yang tulus semoga menjadi pembantu Bapak di hadapan Allah. Sekarang Bapak selalu jadi yang nomer 1 diurutan atas dalam doa Ayu.

Bapak.. Ayu kasihan banget sama Bapak. Dengan harta yang melimpah, kenapa Bapak ga pernah  beli baju yang bagus buat Bapak. Kenapa Bapak ga pernah jalan2. Kenapa Bapak ngabisin waktu cuma buat kerja, kerja dan kerja. Bapakku.. yang paling buat Ayu makin sedih pas harus beresin baju harian Bapak. Kenapa baju harian Bapak bisa dihitung jumlahnya 😭 Kenapa jaket yang udah kucel masih aja Bapak pake tiap hari.
Bapak.. kemarin pas Ayu beli kain ditempat langganan Bapak, karyawan tokonya cerita kalo terakhir Bapak kesana malah Bapak pingsan. Kok bisa sih Pak, Bapak ga pernah berbagi rasa sakit Bapak kekita semua 😭 Kenapa Bapak ga pernah cerita kalo udah ngerasain sakit udah lama.

Bapak.. sekarang Bapak udah ga ngerasain sakit lagi. Bapak udah ga capek lagi. Bapakku... semoga doa yang tulus dari kita menjadi salah satu yang membantu Bapak dihadapan Allah. Doa yang selalu kita panjatkan dalam setiap sujud kita pada Allah. Selamat jalan Bapakku ❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demam Dilan

Namaku Ayu. Ayu Novitasari. Jenis kelamin perempuan. Dan tadi baru saja selesai ngemil mie ayam. Orang2 biasanya memanggilku dengan panggila...